Minggu, 13 Januari 2013

Ciri-ciri Busi Racing Harian

Busi memang part yang unik dari bentuknya yang kecil dan tahan sekali terhadap panas mesin juga sekarang berkembang menjadi beberapa varian racing.Dari merknya saja sudah banyak yang diketahui seperti TDR,Denso Iridium,Splitfire,XR dll.tidak menutup kemungkinan jika dilain hari nanti akan ada pengembangantentang busi racing yang lebih bagus,lebih awet dan membakar lebih sempurna.

Busi racing terkenal dengan ketahanan panasnya yang luar biasa.Busi racing yang mampu menahan panas hingga 2500 derajat celcius tapi apakah bagus untuk sepeda motor kita yang masih bawaan pabrik?Sebelumnya harus kita ketahui berapa suhu maksimal motor kita dan busi apa yang tepat untuk kita pasang di sepeda motor.

Suhu mesin sepeda motor harian biasanya antara 450-1000 derajat celcius.Jika kita menggunakan busi biasa dengan bahan utama nikel dengan titik leleh 1400 derajat celcius ,busi racing Platinum yang punya titik leleh sekitar 1700 derajat celcius dan untuk Iridium sekitar 2400 derajat celcius.Maka apakah mesin kita akan lebih bagus menggunakan busi racing?
Tipe busi berdasarkan bahan utamanya:

bahan platinum
Bahan platinum
Bahan Iridium
Bahan Iridium
1. Bahan utama nikel sering dipakai untuk sepeda motor bawaan pabrik,karena nikel punya titik leleh yang mendekati suhu kerja maksimal mesin standart maka lebih diutamakan menggunakan busi yang berbahan nikel yang bersifat lembek.

2. Bahan utama Platinum yang merupakan salah satu logam mulia tahan terhadap kororsi,tahan terhadap suhu tinggi,ulet,dan memiliki sifat listrik yang stabil.Bahan ini dulu juga sering digunakan disepeda motor lawas yang menggunakan platina.

3.Bahan utama iridium yang merupakan kakak logam dari Platinum karena bahan ini lebih tahan korosi dan panas yang tinggi tapi sangat rapuh.Maka logam ini sulit dipakai ataupun dibentuk.Bahan ini juga tak mudah untuk mendapatkanya.Karena  harus menunggu hasil penambangan dari nikel.

Jika suhu kerja mesin rendah (bawaan pabrik)tapi titik leleh busi itu tinggi maka busi juga akan kotor berkerak dan tersumbat dan bisa juga mengurangi umur busi.Jadi lebih baik gunakan busi yang titik lelehnya mendekati suhu kerja maksimal mesin.Untuk kamu yang tetap ingin menggunakan nya kamu bisa menggunakan cara yaitu harus meningktkan suhu kerja mesin atau harus di oprek.


contoh busi racing
Merk busi racing
busi platinum
Split fire busi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar