Busi memang part yang unik dari bentuknya yang kecil dan tahan sekali
terhadap panas mesin juga sekarang berkembang menjadi beberapa varian
racing.Dari merknya saja sudah banyak yang diketahui seperti TDR,Denso
Iridium,Splitfire,XR dll.tidak menutup kemungkinan jika dilain hari
nanti akan ada pengembangantentang busi racing yang lebih bagus,lebih
awet dan membakar lebih sempurna.
Busi racing terkenal dengan ketahanan panasnya yang luar biasa.Busi
racing yang mampu menahan panas hingga 2500 derajat celcius tapi apakah
bagus untuk sepeda motor kita yang masih bawaan pabrik?Sebelumnya harus
kita ketahui berapa suhu maksimal motor kita dan busi apa yang tepat
untuk kita pasang di sepeda motor.
Suhu mesin sepeda motor harian biasanya antara 450-1000 derajat
celcius.Jika kita menggunakan busi biasa dengan bahan utama nikel dengan
titik leleh 1400 derajat celcius ,busi racing Platinum yang punya titik
leleh sekitar 1700 derajat celcius dan untuk Iridium sekitar 2400
derajat celcius.Maka apakah mesin kita akan lebih bagus menggunakan busi
racing?
Tipe busi berdasarkan bahan utamanya:
|
Bahan platinum |
|
Bahan Iridium |
1. Bahan utama nikel sering dipakai untuk sepeda motor bawaan
pabrik,karena nikel punya titik leleh yang mendekati suhu kerja maksimal
mesin standart maka lebih diutamakan menggunakan busi yang berbahan
nikel yang bersifat lembek.
2. Bahan utama Platinum yang merupakan salah satu logam mulia tahan
terhadap kororsi,tahan terhadap suhu tinggi,ulet,dan memiliki sifat
listrik yang stabil.Bahan ini dulu juga sering digunakan disepeda motor
lawas yang menggunakan platina.
3.Bahan utama iridium yang merupakan kakak logam dari Platinum karena
bahan ini lebih tahan korosi dan panas yang tinggi tapi sangat
rapuh.Maka logam ini sulit dipakai ataupun dibentuk.Bahan ini juga tak
mudah untuk mendapatkanya.Karena harus menunggu hasil penambangan dari
nikel.
Jika suhu kerja mesin rendah (bawaan pabrik)tapi titik leleh busi itu
tinggi maka busi juga akan kotor berkerak dan tersumbat dan bisa juga
mengurangi umur busi.Jadi lebih baik gunakan busi yang titik lelehnya
mendekati suhu kerja maksimal mesin.Untuk kamu yang tetap ingin
menggunakan nya kamu bisa menggunakan cara yaitu harus meningktkan suhu
kerja mesin atau harus di oprek.
|
Merk busi racing |
|
Split fire busi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar