Senin, 25 Maret 2013

TIPS DAN TRIK PES 2013




PES 2013
            Secara umum pes 2013 adalah penyempurnaan dari PES 2012. Namun terkadang kita kurang familiar dalam memainkan game ini karena terlalu berbeda pengontrollannya dibandingkan versi PES sebelumnya. Terkadang karena kurang familiarnya kita dalam memainkan maka pertandingan bola kelas dunia dapat berubah menjadi sepak bola tarkam alis antar kampung. Berikut adalah analisa PES 2013 versi UKMP-STRIKE Universitas Negeri Yogyakarta.
    1.    Apabila melakukan umpan crossing dari samping maka penjaga gawang akan langsung dengan mudah menguasai bola.
Versi PES 2013 memang berbeda dalam hal umpan crossing dibandingkan PES 2012, jadi untuk tipnya dapat menggunakan umpan lambung menengah dengan menekan  (O x 2), O dua kali. Dengan umpan ini bola cenderung akan menjadi bola liar di kotak pinalty lawan atau terjadi tendangan penjuru karena bola dibuang oleh pemain lawan.
        2.    Pada PES 2012 terlihat sekali pemain swing beck sering maju untuk membantu serangan, hal ini sangat membantu untuk melakukan pengusaan bola / taka-tiki mencari celah pertahanan lawan. Namun, di PES 2013 pemain belakang sayap jarang membantu dalam penyerangan sehingga pemain sayap harus melakukan skill individu dalam melewati pertahanan lawan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan strategy "Swap Swing" atau pilih (start + X) ketika main, dengan demikian maka pemain sayap belakang akan sering maju membantu penyerangan.
     3.    Pemain PES 2013 lebih manja dalam mencari tempat yang kosong. hal ini dapat diatasi dengan sering-sering menekan tombol L1+X ketika mengumpan, agar pemain yang setelah mengumpan berlari kedepan mencari celah kosong. atau dengan cara menekan R3 (analog kanan), maka akan ada pemain teman kita yg berlari menuju tempat kosong.
      4.    PES 2013 lebih mudah dalam melakukan dribbling namun lebih susah dalam melakukan umpan 1-2 jika dibandingkan PES 2012. Trik dalam melakukan dribbling sambil melewati lawan dapat menggunakan tombol  R2 dan R3. Kedua tombol tersebut apabila dikombinasikan dengan arah maka akan tercipta banyak gerakan-gerakan yang keren dalam melewati lawan.
berikut adalah contoh2 kombinasinya::
R3       = analog kanan
R2       = spesial kontrol
R1       = dash          
a.    Flick = Tekan dan tahan R2 ketika pemain lawan terpancing maju
b.    Sombrero = Tekan dan tahan R2, lalu arahkan R3 ke pemain lawan
c.    Running Lift = Ketika sedang melakukan drible, tahan R2 dan arahkan R3 ke atau
d.    Cross Over Turn = Saat melakukan drible, arahkan R2 ↓ → ↓ R3 atau R2 ↑ → R3
e.    Flip Flap = Saat melakukan drible, arahkan R2 R3 atau R2 R3
f.     Double Touch = R2 ↓ → → R3 atau R2 ↑ → R3
g.    Nutmeg = Tahan R2 [saat lawan mendekat], kemudian R1+R2 ke arah lawan
h.    Run Around = Tahan R2 [saat lawan mendekat], kemudian tekan R1 + R3 atau
i.      Deft Touch Dribble = R2+L
5.    Pemain yang staminanya telah habis akan terlihat signifikan, seperti ketidak tepatan dalam posisi menunggu bola, keakuratan dalam merebut bola, skill dalam melewati lawan, dan lain-lain. hal ini dapat diambil keuntungannya dengan memasang pemain bagus sebagai supeR2ub atau diturunkan di menit ke-70an. Dengan kondisi pemain belakang lawan yang sudah kehabisan stamina, pemain kita yang baru masuk cenderung lebih mudah dalam menggocek beck lawan. hal ini sangat signifikan pengaruhnya apabila bermain di babak ektra time.
       6.    Kekuatan PES 2013 tidak tergantung pada kekuatan striker, melainkan kekuatan lini tengah dan sayap dalam menguasai permainan (bukan menguasai bola). Apabila lini tengah atau samping dapat melakukan umpan matang ke striker maka terjadinya gol tinggal menunggu waktu. untuk menguasai lapangan tengah bisa menempatkan 3 pemain, bisa DMF-CMF-dan AMF, atau DMF dan 2 CMF. ketika baris pertahanan lawan masih terlalu maju: Umpan matang menuju striker dapat dilakukan oleh pemain sayap yang memberikan umpan terobos kedepan bagian tengah ( karena titik rawan model bertahan tipe 2 CB adalah celah antara kedua beck itu sendiri). sedangkan apabila dari pemain tengah, maka dapat memberikan umpan terobos ke samping bagian depan (titik lemah disini adalah memanfaatkan celah yang ditinggalkan oleh RB/LB pemain lawan yang belum kembali ke posisinya).
                   Apabila baris pertahanan lawan sudah mundur jauh kebelakang, maka metode penguasaan bola adalah:: pemain sayap RMF/LMF dan beck sayap RB/LB lah yang berperan. Target pengumpanan bukan lagi kepada striker, melainkan kepada pemain tengah AMF atau CMF yang berdiri bebas, lalu lesatkan tendangan langsung ke gawang oleh pemain tengah tersebut (karena dalam posisi ini striker akan berada dalam posisi mati yang dikurung oleh pemain belakang lawan). Gol dapat tercipta dari pemain tengah/sayap yang berdiri bebas dan melesatkan tendangan langsung. *Dalam posisi ini hati2 dalam memberikan umpan mundur kepada DMF atau ke CB, karena striker lawan biasanya sudah siap untuk merebut.

      7.    One on one dalam PES 2013 sangat mudah sekali menjadi gol. Cukup arahkan striker ke sisi yang aman dari beck lawan kemudian arahkan bola kearah tiang jauh atau kearah dimana penjaga gawang tidak dapat menjangkau. 90% gol akan tercipta. Apabila serangan one on one dari arah depan gawang cukup arah tendangan keras R1+kotak ke sisi tiang jauh (ngak perlu pakae tipu2an atau umpan silang). Apabila serangan dari arah samping gawang dan sudut untuk mencari sisi gawang yg kosong terlalu sempit maka gunakanlah triks L1+kotak, maka bola akan melambung  pelan namun kiper lawan menubruk kebawah, dan gol 80% akan tercipta., sial2nya ya kena tiang gawang hahaha.
    
      8.  Jangan panik dan melakukan serangan frontal ketika kita tertinggal jumlah gol. Serangan frontal yang terburu-buru cenderung membuat permainan kita menjadi mati. Hal ini malah justru akan membuat musuh menambah jumlah gol mereka. Itulah kenapa (ketika VS temen) kalau kita sudah unggul jumlah gol yg agak banyak ketika melawan temen kita, pasti akan sangat mudah menambah gol lagi., hal itu karena mental temen kita sudah tidak konsen lagi, dan permainannya sudah tidak terpola. So, dalam keadaan apapun usahakan tetep tenang dan kuasai permainan, cari celah untuk menciptakan peluang dan lesatkan gol terindah. YEAAAHhh. ketinggalan 4 gol pun asal kita menguasai permainan tetep bisa dikejar.
s    
      9. Sistem bertahan pada PES 2013 usahakan jangan terlalu mengandalkan cara R1+X atau    R2+X  atau (R1+ kotak), namun gunakanlah variasi sesuai kondisinya. Untuk meredam serangan balik cepat maka gunakan (R1+kotak)  arahkan pemain secara manual untuk menjaga kira2 pemain pemain mana yang akan diberi umpan. Untuk meredam taka tiki gunakan R2+X untuk membayangi pergerakan lawan, atau R2+L1 untuk merebut bola ketika bola sedang mengalir diumpan. (R1+kotak) juga dapat  mengecoh lawan dengan cara membuka sedikit barisan pertahan (agar pemain bertahan yang mengawal striker menjadi maju merebut bola), dengan demikian maka lawan yang membawa bola akan terburu-buru melakukan umpan langsung ke striker mereka sehingga pemain lawan akan terperangkap offside. (hal ini bisa dilakukan pada striker yang kualitasnya rendah, jangan sekali-kali dilakukan pada striker sekelas CR7) soale kalau ucul dari jebakan offside bahaya.

     
Trik dalam formasi PES 2013.
apabila kita melawan tim yang karakteristinya melakukan taka-tiki seperti Barcelona, atau tim lain dengan formasi 4-3-3, maka gunakan formasi:
1.    player suport             : 16-20
2.    suport range             : 12-18
3.    position switch         : 15-20
4.    attacking style           : 4-14
5.    pressing                     : 16-20
6.    defendsive line        : 16-20
7.    compactnest             : 10-15
                        Dengan formasi teR2ebut maka taka tiki pemain lawan akan berubah menjadi serangan individu yang mengalir lewat sayap pemain lawan. selain itu taka-tiki hanya akan terjadi di lapangan tengah saja dan tidak begitu membahayakan kotak pinalty kita.
                        Dalam menyerang kita dalam melakukan serangan balik cepat melaui sayap, karena tim yang bermain taka tiki memiliki kelemahan pemain belakang sering ikut membantu penyerangan hingga depan.
apabila kita melawan tim yang karakteristinya melakukan serangan balik ala real madrid atau formasi 4-2-3-1 maka gunakan formasi:
1.    player suport             : 10-14
2.    suport range             : 8-14
3.    position switch         : 6-10
4.    attacking style                       : 10-14
5.    pressing                     : 14-18
6.    defendsive line        : 0-4
7.    compactnest             : 15-20
                        Dengan formasi teR2ebut serangan balik cepat tidak akan terjadi, karena             pergerakan striker akan diredam oleh central beck (CB) kita, serangan balik cepat akan berubah menjadi taka-tiki sederhana. dengan nilai compactnes yang besar maka pergerakan cepat pemain sayap lawan akan segera di pressing oleh pemain kita yang menjaga.
                        Dalam hal menyerang tim lawan jenis ini kita juga dapat menggunakan berbagai teknik. pakai serangan balik juga bisa, menggunakan serangan sederhana juga bisa.
apabila kita melawan tim yang karakteristinya bertahan total maka gunakan formasi:
1.    player suport             : 6-12
2.    suport range             : 0-8
3.    position switch         : 0-6
4.    attacking style           : 14-20
5.    pressing                     : 0-4
6.    defendsive line        : 0-6
7.    compactnest             : 8-12
                        Dengan formasi diatas maka tim lawan yang gaya bermainnya bertahan akan terpancing untuk maju menyerang. strategi taka-tiki adalah serangan yang efektif untuk menjebol pertahanan yang solid.
                        melawan tim bertahan total gol dapat kita ciptakan melalui bola-bola mati, karena dengan kita menguasai bola dengan durasi lama di daerah pertahana lawan maka resiko pelanggaran pasti ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar